Masalah listrik dan cara menanggulanginya bagian 1

Masalah Listrik. Listrik sudah menjadi kebutuhan bagi kita saat ini. Dengan adanya listrik banyak pekerjaan terbantu, baik pekerjaan yang ada di rumah, di industri maupun di kantor. Namun dengan terpasangnya listrik akan timbul juga permasalahan-permasalahan. Permasalahan tersebut selain mengganggu kita dalam menggunakan listrik, juga dapat menimbulkan bahaya.

Permasalahan Listrik

Baiklah. Kita akan mulai dengan permasalahan listrik yang banyak terjadi ketika menggunakan listrik. Banyak permasalahan yang orang temui ketika berhubungan dengan listrik. Permasalahan tersebut dapat anda selesaikan dengan mengikuti anjuran yang kami berikan di bawah ini. Kita akan mulai dengan permasalahan pertama yaitu:

Untuk mengatasi masalah pada tegangan listrik pln yang tidak stabil dilakukan dengan cara

Untuk mengatasi masalah pada tegangan listrik pln yang tidak stabil dilakukan dengan cara seperti apa? Sebelum kami menjawabnya kita harus mencari tahu terlebih dahulu dari mana datangnya masalah tersebut. Masalah ketidakstabilan pada tegangan pln ada beberapa penyebabnya. Yang mana di antaranya adalah trafo distribusi yang sudah kelebihan beban yang menyebabkan arus listrik menjadi besar hal ini mengakibatkan turunnya tegangan, sambungan pada peralatan listrik pln yang kendor. Tidak stabilnya tegangan (tegangan naik turun) dapat menyebabkan peralatan listrik di rumah menjadi rusak. Untuk mengatasi hal ini dapat kita lakukan dengan beberapa cara di antaranya adalah:

Cara pertama adalah melapor ke PLN (No. telp 123) bahwa telah terjadi listrik yang tidak stabil di rumah kita (lampu nyala redup atau terang redup).

Cara kedua adalah dengan cara memasang stabilizer di rumah kita. Kalau anda memilih menggunakan cara kedua, tentu anda harus membeli stabilizer sendiri. Stabilizer yang harus anda sediakan di rumah sesuai dengan 125% daya yang terpasang pada PLN.

Contoh:

jika daya terpasang adalah 900 watt maka stabilizer yang anda gunakan minimal adalah 125% x 900 watt = 1125 watt atau lebih besar dari 1125 watt.  

Penyebab listrik sering anjlok

Apakah penyebab listrik sering anjok? Ini adalah pertanyaan yang sering terjadi bagi pengguna listrik. Maksud dari listrik sering anjlok ini adalah MCB listrik yang sering trip. MCB sering trip akibat alat listrik (daya listrik) yang terpasang lebih besar dari batas arus MCB. Jadi jika anda banyak menggunakan peralatan listrik dengan penggunaan daya yang melebihi daya yang terpasang, alangkah baiknya anda menaikkan daya listrik yang terpasang di rumah. Untuk menaikkan daya tentu saja anda harus lapor PLN. Penyebab lain listrik sering anjlok adalah menghidupkan peralatan listrik secara bersamaan. Arus listrik pada saat awal terpasang sangat besar, jadi jika terdapat beberapa peralatan listrik anda pasang secara bersamaan ini akan menyebabkan MCB anjlok. Jadi untuk mengatasi hal ini dengan cara jangan menghidupkan peralatan listrik bersamaan. Anda bisa memberi jeda selama 5 detik. Selain itu penyebabnya adalah pemasangan kabel listrik yang kendor. Selain itu akibat switch mekanik MCB sudah lemah karena umur MCB yang sudah lama.

Demikianlah artikel masalah listrik ini kami sajikan untuk anda. Kami berharap dapat membantu masalah kelistrikan yang anda alami dalam kehidupan anda. Terima kasih telah membaca artikel kami

Leave a Reply