LCD 4 Bit Arduino Mudah dan Lengkap

Di artikel ini kita akan membahas tentang LCD 4 Bit Arduino. Mode LCD 4-Bit ini maksudnya adalah penggunaan display LCD 16×2 yang mana hanya 4 pin Data yaitu D4-D7 yang sambungkan ke arduino uno. 

Sebelum kita mulai membahas lebih dalam tentang  LCD 4 Bit Arduino ini, terlebih dahulu kita persiapkan alat dan bahan. Tujuan mempersiapkan alat dan bahan adalah agar pembelajaran yang kita lakukan lebih terstruktur.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk pengontrolan mode ini adalah:

  • Arduino Uno beserta kabel data sebagai kontroler yang akan mengontol LCD

  • LCD 16×2

  • Kabel jumper secukupnya

Perhatikan gambar di atas, berikut adalah:

Adapun tabel sambungan PIN Arduino dan LCD dengan Mode 4-bit.

Arduino LCD 1602
13 RS
12 RW
11 E
10 D4
9 D5
8 D6
7 D7

 

Setelah menyiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan, anda bisa merangkai rangkaian sesuai dengan gambar arduino lcd 4 bit arduino. Pastikan ketepatan anda dalam menghubungkan LCD dan Arduino.

Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menampilkan “birolistrik.com” dan “lcd 4 bit” pada LCD

  1. Siapkan peralatan dan bahan sesuai kebutuhan yang telah disebutkan di atas.
  2. Pasang kabel-kabel jumper untuk menghubungkan arduino ke LCD.
  3. Pastikan kabel yang dipasang sudah benar pemasangannya
  4. Jika LCD dan Arduino telah terhubung, kemudian tuliskan program di bawah pada Arduino Uno menggunakan software Arduino IDE.
  5. Setelah anda selesai membuat program, lakukan compile untuk menguji dan mendeteksi adanya kesalahan pada program yang kita buat. Jika program sudah dikompile dan tidak ada kesalahan maka akan tercipta file yang nantinya akan kita upload ke dalam Arduino Uno menggunakan kabel data USB
  6. Jika susah selesai mengupload perhatikan apakah sudah tampil pada display LCD tulisan “birolistrik.com” pada baris pertama dan “LCD 4 bit” pada baris kedua

Program LCD 4 Bit Arduino

Di bawah ini adalah program lengkap untuk menjalankan arduino lcd 4 bit. Program ini adalah program dasar Arduino mengontrol LCD 4 bit.

#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(13, 12, 11, 10, 9, 8, 7);

void setup() {
lcd.begin(16,2);
lcd.clear();

}
void loop() {
lcd.setCursor(0,0);
lcd.print(“BIROLISTRIK.COM”);
lcd.setCursor(0,1);
lcd.print(“LCD 4 BIT”);

}

Penjelasan program

Saya akan menjelaskan program LCD 4 Bit Arduino ini secara step by step. Kita akan mulai dari baris:

  • #include <LiquidCrystal.h>

Baris pertama ini adalah menginisialisasi penggunaan library LCD. Pada saat kita membuat sebuah program arduino, pertama kali kita terlebih dahulu harus menginisialisasi perangkat atau modul apa saja yang akan kita gunakan. Karena kita menggunakan modul LCD 16×02 maka kita menginsialisasinya dengan perintah #include<library header file> yang mana header filenya adalah LiquidCrystal.h

  • LiquidCrystal lcd(13, 12, 11, 10, 9, 8, 7);

Langkah kedua adalah buat objek LCD beserta port berapa saja yang terhubung antara LCD dan Arduino. Anda bisa melihat hubungan port arduino dan LCD pada tabel yang telah kami sediakan. Dari perintah di atas lcd dijadikan objek pemograman.

  • void setup() {}

Ini adalah fungsi yang pertama dijalankan oleh arduino. Di dalam fungsi ini kita bisa menambahkan baris program berikutnya

  • lcd.begin(16,2);

Baris perintah ini mengeset lcd mulai digunakan dengan spesifikasi lcd 16 kolom 2 baris (LCD 16×02)

  • lcd.clear();

lcd.clear() ini merupakan perintah untuk menghapus isi dari objek lcd

  • void loop() { }

Baris ini merupakan fungsi yang melakukan perulangan. Isi dari fungsi ini akan dieksekusi berulang-ulang (loop) kali

  • lcd.setCursor(0,0);

Baris perintah ini untuk mengeset kursor sebelum melakukan penulisan ke LCD. Kursor yang diset adalah baris pertama kolom pertama

  • lcd.print(“BIROLISTRIK.COM”);

Setelah kursor diset pada baris pertama kolom pertama. Kemudian tuliskan kalimat BIROLISTRIK.COM. Tampak pada display LCD kalimat tersebut tampil.

  • lcd.setCursor(0,1);

Lakukan set cursor kolom ke 0 dan baris ke 1.

  • lcd.print(“LCD 4 BIT”);

print atau tampilkan kalimat LCD 4 BIT ke display LCD

Hasil dari eksekusi program di atas adalah seperti pada gambar.

 

Simulasi program LCD 4 Bit Arduino

Program ini disimulasikan pada simulasi LCD 4 Bit Arduino menggunakan wokwi (https://wokwi.com/projects/342234970086965842)

Demikianlah artikel tentang LCD 16×2 menggunakan mode 4-bit arduino. Jika anda tertarik dengan penggunaan LCD lainnya, anda bisa mengunjungi artikel kami lainnya dengan topik arduino lcd.

About the author

Dedy Fermana, yang lebih akrab disapa Dedy, adalah Seorang Content Artikel di Birolistrik. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi seperti kelistrikan, Pendingin (AIr Conditioner), PLC, SEO. Melalui tutorial Birolistrik ini, Dedy ingin berbagi informasi dan membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah yang dialami seputar artikel.

Leave a Reply