Gerbang Logika Eksklusif Terdiri Dari

Gerbang logika eksklusif terdiri dari berapa gerbang? Gerbang apa sajakah 2 gerbang tersebut? Baiklah kita akan membahas kedua gerbang tersebut, berikut di bawah ini 2 gerbang ekslusif tersebut:

Gerbang XOR

Jelaskan pengertian gerbang logika xor. Pengertian Gerbang logika xor adalah gerbang logika yang membutuhkan dua input untuk menghasilkan satu output yang mana ika terdapat nilai input yang berbeda satu dan lainnya (misalkan: input 1=1, input 2=0) maka output yang dihasilkan gerbang xor adalah bilangan biner “1” atau dalam booleannya bernilai “TRUE”. Sedangkan apabila masukkan kedua input bernilai sama maka akan menghasilkan output dengan nilai biner “0” atau bilangan boolean “FALSE”.

Adapun bentuk persamaan dari gerbang XOR dengan dua buah input (A dan B) menurut  gambar di atas adalah:

Y = A ⊕ B

Berikut di bawah ini merupakan tabel kebenaran dari gerbang XOR dengan 2 input :

INPUT OUTPUT
A B Y
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 0

 

Atau berikut hasil proses input dan output dalam bentuk bilangan boolean yaitu “TRUE” dan “FALSE”:

INPUT OUTPUT
A B Y
FALSE FALSE FALSE
FALSE TRUE TRUE
TRUE FALSE TRUE
TRUE TRUE FALSE

Gerbang Logika XNOR

Gerbang Logika ini membutuhkan dua buah input sebagai masukan untuk menghasilkan satu output. Gerbang ini terbentuk dari dua gerbang yaitu gerbang XOR dan gerbang NOT, sehingga output yang dihasilkan oleh gerbang XOR dinegasikan (invers atau kebalikan) menjadi nilai output. Jika input / masukkannya berbeda (misalkan: input A=1, input B=0) maka output yang dihasilkan merupakan bilangan biner 0. Sedangkan jika input bernilai sama maka akan menghasilkan output dengan bilangan biner 1. Berikut di bawah ini gerbang XNOR:

 

Berikut ini persamaan untuk gerbang XNOR dengan dua input masukan yaitu input A dan input B yang bisa dilihat pada gambar xnor adalah sebagai berikut:

Y = A ⊕ B

 

Jika kita masukkan nilai gerbang xnor ke dalam tabel kebenaran dari dengan 2 input, anda bisa melihat nilai input dan output seperti di bawah ini

INPUT OUTPUT
A B Y
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Atau bisa juga dalam bentuk tabel kebenaran input dan output dalam bentuk boolean “TRUE” dan “FALSE”:

INPUT OUTPUT
A B Y
FALSE FALSE TRUE
FALSE TRUE FALSE
TRUE FALSE FALSE
TRUE TRUE TRUE

Demikianlah artikel tentang Gerbang Logika Eksklusif Terdiri Dari 2 gerbang yaitu xor dan xnor. Jika anda ingin mengetahui tentang gerbang logika dasar lainnya anda bisa mengunjungi link halaman kami yang membahas tentang gerbang logika tersebut.

 
 
 

Leave a Reply