Bagaimana cara memilih laptop? Memilih laptop yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang, karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti anggaran, kegunaan, ukuran, daya tahan baterai, kualitas layar, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih laptop yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda:

  • Tentukan kebutuhan Anda

Ini hal yang paling pertama yang harus anda pertimbangkan. Dari tips pertama ini, anda dapat mempertimbangkan pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan di laptop Anda. Apakah Anda memerlukan laptop untuk keperluan multimedia, gaming, programming, perkantoran atau hanya sekedar untuk menonton saja ?

Hal Ini akan membantu Anda memilih spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan Anda. Untuk keperluan multimedia, gaming, programming tentu saja anda membutuhkan spesifikasi yang tinggi atau alias budget yang anda butuhkan cukup besar untuk membeli spesifikasi yang tinggi. Ingat multimedia membutuhkan spesifikasi card grafis, RAM dan CPU yang tinggi.

Sedangkan untuk aplikasi perkantoran seperti hanya oficce dan untuk menonton film, anda cukup membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang rendah.

  • Tentukan anggaran Anda

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya mengenai anggaran, tentu saja besar anggaran sesuai dengan kebutuhan yang telah disebutkan di atas. Faktor penentu anggaran adalah kebutuhan card grafis, RAM dan CPU yang tinggi. Selain itu harga laptop di pasaran juga sangat bervariasi, dari yang terjangkau hingga yang sangat mahal. Tetapkan anggaran Anda dan cari laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam anggaran tersebut.

Jika anggaran yang anda miliki cukup besar dan kebutuhan laptop anda untuk game, desain grafis, arsitektur, pemograman game atau untuk render gambar maka laptop yang anda butuhkan adalah laptop dengan spesifikasi tinggi (CPU, RAM dan Card Grafis, tempat penyimpanan yang besar).

Sedangkan jika laptop yang anda butuhkan untuk pemograman atau analisa data maka pilihlah laptop dengan spesifikasi CPU dan RAM serta tempat penyimpan yang besar.

  • Periksa spesifikasi

Periksa spesifikasi laptop, termasuk prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, dan kartu grafis. Pastikan ke empat spesifikasi yang telah disebutkan di atas sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pengguna laptop.

  • Pertimbangkan ukuran layar

Ukuran layar laptop dapat mempengaruhi portabilitas dan kenyamanan penggunaan. Pilih ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya anda yang menyukai pembuatan desain grafis atau yang hobi menonton film dengan kualitas HD, tentu saja membutuhkan layar yang besar dan ukuran card grafis yang tinggi.

  • Periksa daya tahan baterai

Daya tahan baterai yang lama. Pastikan laptop memiliki daya tahan baterai yang cukup untuk kebutuhan Anda. Bagi anda yang sering mobile di luar menggunakan laptop, tentu saja hal ini sangat harus anda perhatikan. Karena bisa jadi sewaktu anda menggunakan laptop di luar, suplai listrik sulit anda temukan, dan baterai yang tahan lama ini adalah solusinya.

  • Cek merek dan reputasi

Pertimbangkan merek dan reputasi laptop, langkah ini juga harus anda perhatikan. Untuk mengecek ini, anda bisa melakukan dengan membaca review online atau tanya rekomendasi dari teman-teman Anda.

  • Pertimbangkan layanan purna jual

Yang dimaksud dengan layanan purna jual adalah garansi dari perusahaan laptop tersebut. Pastikan laptop yang Anda pilih dilengkapi dengan garansi dan dukungan purna jual yang memadai. Sehingga, jika laptop anda rusak anda bisa melakukan complain ke perusahaan laptop tersebut.

  • Bandingkan beberapa laptop

Terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan membandingkan beberapa laptop dengan spesifikasi yang sama dan harga yang sebanding. Hal ini akan membantu Anda memilih laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah cara memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga tips ini membantu Anda memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda bisa mengunjungi artikel yang lain dengan tips yang lain yaitu cara memilih ac.

About the author

Dedy Fermana, yang lebih akrab disapa Dedy, adalah Seorang Content Artikel di Birolistrik. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi seperti kelistrikan, Pendingin (AIr Conditioner), PLC, SEO. Melalui tutorial Birolistrik ini, Dedy ingin berbagi informasi dan membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah yang dialami seputar artikel.

Leave a Reply