Sensor LM35 Lengkap

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sensor LM35. Sensor LM 35 adalah sebuah komponen elektronika yang berfungsi mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik (sinyal listrik) yang berbentuk tegangan.

Sensor Suhu LM35 diproduksi oleh berbagai perusahaan semi konduktor baik itu oleh National Semiconductor maupun Texas Instrument dan perusahaan lainnya. LM35 mempunyai tingkat pembacaan suhu dengan keakurasian yang tinggi dan dengan kemudahan perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu yang lain. Selain itu sensor LM35 juga mempunyai keluaran impedansi yang rendah serta linieritas yang tinggi sehingga bisa dengan mudah dirangkai dengan rangkaian kendali khusus dengan tidak memerlukan penyetelan lanjutan.

Walaupun besar tegangan yang disuplai ke sensor ini bisa mencapai 30 volt namun yang diberikan hanya sebesar 5 volt, sehingga sensor ini dapat menggunakan catu daya tunggal dengan ketentuan bahwa sensor ini hanya membutuhkan arus sebesar 60 µA. Hal ini artinya bahwa LM35 memiliki kemampuan menghasilkan panas (self-heating) yang bisa menyebabkan terjadinya kesalahan pembacaan yang rendah yaitu kurang dari 0,5 ºC pada suhu 25 ºC .

Gambar 1. Berbagai Tipe LM35

Pada Gambar 1 di atas terdapat berbagai jenis/tipe sensor LM35. Dari gambar dapat terlihat 3 pin LM35 yang menunjukan fungsinya masing-masing. Pin-pin tersebut terdiri dari:

  • Vs adalah pin untuk tegangan suplai yaitu sebagai tegangan operasi dari sensor. Tegangan suplai untuk sensor ini berkisar antara +35V sampai -0,2V
  • GND adalah pin untuk ground
  • Vout adalah tegangan keluaran dari suhu yang diukur oleh sensor. Tegangan keluaran ini berkisar antara +6V hingga -1.0V. Sedangkan arus keluaran dari sensor ini adalah sebesar 10mA.

 

Pada datasheet sensor ini dijelaskan bahwa keluaran sensor ini akan naik sebesar 10 mV setiap derajat celcius sehingga didapatkan persamaan sebagai berikut :
VLM35 = Suhu* 10 mV

Menurut prinsipnya, sensor ini akan melakukan pembacaan suhu pada saat terjadi perubahan suhu setiap 1 ºC akan menunjukan tegangan sebesar 10 mV. Adapun penempatan dari sensor ini dilakukan dengan cara ditempelkan atau dapat pula disemen pada permukaan objek yang akan diukur suhunya, akan tetapi suhunya akan menjadi sedikit berkurang yaitu sekitar 0,01 ºC hal ini terjadi karena pengaruh suhu permukaan tersebut.

Dengan cara seperti inilah diharapkan selisih yang terjadi antara suhu udara dan suhu permukaan dapat dibaca oleh sensor LM35 sama dengan suhu disekitarnya, jadi jika suhu udara disekitar sensor ini jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah dari suhu permukaan, maka sensor ini akan berada pada pembacaan suhu permukaan dan suhu udara disekitarnya .

Untuk pengukuran suhu dengan jarak yang jauh dibutuhkan penghubung yang tidak terpengaruh oleh interferensi atau gangguan dari luar, dengan demikian dapat menggunakan kabel selubung yang ditanahkan sehingga kabel tersebut dapat bertindak sebagai sebuah antenna penerima dan simpangan didalamnya, juga dapat bertindak sebagai perata arus yang mengkoreksi, pada kasus yang sedemikian dapat dilakukan dengan mengunakan metode bypass kapasitor dari Vin (Vs) yang ditanahkan (GND).

Berikut ini adalah karakteristik dari sensor LM35:

  • Faktor skala linier kenaikan antara tegangan dan suhu sebesar 10 mVolt/ºC artinya setiap kenaikan tegangan 10 mV berarti suhu naik 1ºC
  • Dapat dikalibrasi langsung dalam celcius.
  • Mempunyai ketepatan atau akurasi kalibrasi yaitu 0,5ºC pada suhu 25 ºC
  • Beroperasi dengan suhu antara -55 ºC sampai +150 ºC.
  • Cocok untuk aplikasi pengontrolan
  • Bekerja pada tegangan 4 sampai 30 volt.
  • Mempunyai keluaran arus yang rendah yaitu kurang dari 60 µA.
  • Mempunyai pemanasan sendiri yang rendah yaitu kurang dari 0,08 ºC pada udara diam.
  • Mempunyai impedansi keluaran yang rendah yaitu 0,1 Ohm untuk beban 1 mA.
  • Mempunyai ketidaklinieran hanya sekitar ± ¼ ºC.

Sumber data sheet lm 35

Seperti yang anda lihat pada gambar 1. Sensor suhu LM35 ini terdiri dari beberapa tipe yaitu:

1. LM35A

Tipe ini terdiri dari LM35AH dan LM35AH/NOPB.

2. LM35C

Terdiri dari tipe LM35CH, LM35CH/NOPB, LM35CZ/LFT1 dan LM35CZ/NOPB

3. LM35CA

Tipe ini terdiri dari LM35CAH, LM35CAH/NOPB, LM35CAZ/LFT4 dan LM35CAZ/NOPB

4. LM35D

Sensor tipe LM35D ini terdiri dari LM35DH dan LM35DH/NOPB.

Kemudian sensor suhu LM35 juga terdiri dari tipe DM ini berbentuk seperti IC, terdiri dari LM35DM, LM35DM/NOPB, LM35DMX dan LM35DMX/NOPB

Selain itu terdiri juga LM35DT, LM35DT/NOPB, LM35DZ/LFT1, LM35DZ/LFT4 dan LM35DZ/NOPB

5. LM35H

Sensor tipe H ini terdiri dari LM35H dan LM35H/NOPB

Sedangkan tipe LM35Z tidak terdapat di pasaran. Untuk mengetahui bentuk fisiknya silahkan lihat gambar 1

Sumber tipe-tipe LM35 data sheet LM35

Kaki Pin IC LM35

Kaki LM35 yang digunakan hanya tiga kaki yaitu VS, GND dan Vout. Secara fisik Sensor LM35 terdiri dari 3 kaki sedangkan tipe DM terdiri dari 8 kaki, namun hanya tiga kaki yang digunakan. Begitu pula dengan modul sensor, modul sensor ini mempunyai 3 kaki (pin) yang siap dihubungkan dengan kontrollernya

Harga Sensor LM35

Harga sensor LM35 / LM 35 berkisar di antara Rp. 5000 hingga Rp. 10000. Sedangkan harga modul sensor ini berkisar di antara harga Rp. 20000 hingga Rp. 30000.

Rangkaian sensor lm35

Untuk rangkaian sensor lm35, ada banyak rangkaian yang terdapat pada datasheet. Di antara rangkaian tersebut adalah di bawah ini:

Demikianlah artikel tentang sensor suhu lm35, semoga anda dapat mengerti penjelasan yang kami berikan pada artikel ini. Untuk pembahasan bagaimana membaca sensor ini menggunakan arduino atau kontroller yang sejenisnya, anda bisa di halaman yang terdapat pada birolistrikdotcom ini terima kasih.




About the author

Dedy Fermana, yang lebih akrab disapa Dedy, adalah Seorang Content Artikel di Birolistrik. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi seperti kelistrikan, Pendingin (AIr Conditioner), PLC, SEO. Melalui tutorial Birolistrik ini, Dedy ingin berbagi informasi dan membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah yang dialami seputar artikel.

Leave a Reply