Senyawa hcl yang dilarutkan dalam benzena tidak dapat menghantarkan arus listrik karena

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang soal elektro-kimia, soal ini mempunyai pertanyaan “Senyawa HCl yang dilarutkan dalam benzena tidak dapat menghantarkan arus listrik karena”. Saya akan memberikan jawaban pertanyaan dengan menjelaskan tiap pilihan jawaban sehingga anda mengerti mana yang benar dan mana yang salah. Berikut soal Pertanyaan Senyawa HCl yang dilarutkan dalam benzena tidak dapat menghantarkan arus listrik karena…space

Sebelum menjawab pilihan jawaban di bawah, kita akan membahas dulu tentang Larutan Elektrolit.

Larutan Elektrolit

Kalau kita lihat dari daya hantarnya, larutan terbagi menjadi dua macam yaitu:

1. Elektrolit

Jadi larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Contohnya adalah Garam dan asam.

2. Non Elektrolit

Sedangkan Larutan Non Elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Contohnya adalah larutan gula.

Air merupakan suatu pelarut yang baik untuk senyawa ion dan air yang terlarut dalam larutan akan memiliki ion yang mempunyai sifat khusus, yang mana salah satunya adalah larutan tersebut bisa menghantarkan arus listrik.

Kita bisa membuktikannya dengan melakukan sebuah percobaan sederhana yaitu menyambungkan batang elektroda pada sebuah lampu. Jika batang elektroda tersebut kita celupkan ke dalam air murni, maka lampu tersebut tidak akan menyala.

Kenapa demikian?

karena air adalah penghantar (konduktor) listrik yang sangat buruk.

Tetapi, jika suatu senyawa ion tersebut misalnya adalah HCl kemudian kita tambahkan air, maka setelah HCl nya larut, lampu listrik akan mulai menyala hingga terang. Terang atau redupnya nyala lampu tersebut tergantung konsentrasi senyawa larutan. Senyawa seperti HCl lah yang membuat larutan menjadi konduktor / penghantar listrik atau disebut juga dengan elektrolit. Seorang ahli kimia yang pertama kali menggagas tentang elektrolit ini adalah Svante Arrhenius. Ia adalah seorang ahli kimia yang terkenal dari Swedia.

Larutan Elektrolit Terbagi dua jenis

Larutan elektrolit dapat juga kita katakan sebagai larutan yang di dalamnya terdapat zat yang bisa menghantarkan ion-ion listrik. Dan selanjutnya ion-ion tersebut bergerak bebas di dalam larutan. Jika kita lihat dari proses terjadinya ion (ionisasi) pada larutan elektrolit, larutan elektrolit terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Elektrolit Kuat yaitu larutan elektrolitnya terurai/terpisah secara sempurna menjadi ion pada larutan air atau bisa juga dikatakan dalam keadaan lebur di dalam larutan air.
  2. Elektrolit Lemah adalah larutan yang hanya terurai sebahagian atau dengan kata lain mengalami ionisasi sebahagian, hal ini membuat jumlah zat yang terurai menjadi ion pada larutan tidak terlalu banyak . Sehingga Elektrolit lemah dapat kita sebut juga sebagai penghantar listrik yang buruk.

 

A. HCl merupakan zat nonelektrolit

Setelah membaca penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, pilihan jawaban “HCL merupakan zat nonelektrolit” adalah pilihan yang salah. Karena secara keilmuan kimia, bahwa HCL merupakan asam kuat yang memiliki sifat larutan elektrolit kuat.

B. HCl tidak terionisasi dalam benzena

HCl adalah asam kuat yang terurai (ionisasi) secara sempurna di dalam air murni. Tapi HCl tidak bisa terurai di dalam benzena, hal ini berakibat HCL tidak dapat menghantarkan arus listrik. Ini terjadi karena adanya perbedaan polaritas antara benzena dan asam HCl. Senyawa HCl ini akan menghantarkan arus listrik jika kita larutkan ke dalam air atau pelarut polar. Jadi HCL tidak akan terionisasi dalam benzena, ia hanya terionisasi dalam air. Jadi jawaban ini benar

C. HCl terurai menjadi ion H+ dan ion Cl

Sekali lagi, jika HCL kita larutkan ke dalam air murni, Ia dapat terurai menjadi ion H+ dan Cl. Namun dari pertanyaan di sini, jika kita melarutkannya di dalam larutan benzena ini tidak akan membuat HCL menjadi terurai. Karena HCL tersebut tidak terurai menjadi ion-ion (ionisasi) maka kesimpulannya adalah jawaban ini salah

D. HCl membentuk endapan dalam benzena

Jika kita kita memasukkan larutan HCL ke dalam benzena, ia tidak akan membentuk endapan. Dan ion-ionnya juga tidak terurai. Tentu saja jawaban yang mengatakan bahwa HCL membentuk endapan dalam benzena adalah salah

E. Benzena tidak menghantarkan arus listrik

Benzena tidak menghantarkan arus listrik atau dengan kata lain bahwa benzena bukan larutan elektrolit. Ia juga bukan cairan yang bisa bereaksi dengan HCL seperti layaknya air yang mengurai HCL sehinga bisa menghantarkan arus listrik. Jadi pilihan jawaban E dari pertanyaan ini juga salah.

Pembahasan Soal:

Jadi, jawaban dari soal ini yang benar adalah B.

Leave a Reply