Mengenal Arduino secara otodidak dengan mudah

Bagi anda yang mau mengenal arduino, tentu anda sudah tepat mengunjungi situs saya ini. Di dalam website saya ini, saya akan menjelaskan tentang perangkat ini mulai dari A sampai Z. Saya akan membimbing dan mengajarkan anda sesuai dengan cara saya mempelajari perangkat ini secara otodidak.

 

Sejarah singkat Arduino

Sejarah singkat arduino, semua ini berawal ketika Hernando Barragan membuat sebuah thesis, di Institute Ivrea, Italia pada tahun 2005, yang mana kemudian Massimo Banzi dan David Cuartielles mengembangkannya dan memberinya nama dengan nama Arduin of Ivrea. Setelah itu menggantinya dengan nama Arduino yang dalam bahasa Italia yang artinya teman yang berani.

Tujuan awal pembuatan Arduino adalah membuat sebuah perangkat yang murah dan mudah, dari perangkat yang tersedia saat itu. Tujuan dari pembuatan perangkat tersebut adalah untuk semua siswa yang akan membuat perangkat desain dan interaksi.

Tim pengembang arduino saat ini adalah Massimo Banzi, Tom Igoe, David Cuartielles, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti. Mereka berupaya agar Arduino:

  1. Memiliki targa yang terjangkau
  2. Bisa berjalan pada berbagai sistem operasi, Windows, Linux, Mac, dan sebagainya.
  3. Sederhana, sehingga bahasa pemogramannya mudah dipelajari orang awam, dan bukan hanya untuk orang teknik saja.
  4. Mempunya kode terbuka (Open Source), baik hardware maupun software.

Siapakah pengguna arduino ini? Biasanya penggunanya adalah para akademisi. Mereka menggunakan perangkat ini untuk membuat alat pengendali yang sifatnya otomatis maupun semi otomatis. Tapi tidak sedikit juga para penghobi elektronik maupun industri yang menggunakan perangkat ini sebagai alat pengendali otomatis yang mereka gunakan sendiri. Saya akan memberikan contoh-contoh penggunaan arduino, di antaranya adalah robotik, alat kendali baik jarak dekat maupun jarak jauh dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya agar anda dapat mengenal arduino, saya akan mulai membahasnya dengan topik :

Arduino Adalah

Arduino adalah sebuah perangkat keras platform prototipe elektronik bersifat open-source berupa pengendali mikrokontroler yang mudah penggunaannya baik dari sisi hardware maupun dari sisi software. Perangkat ini sudah mempunyai komunitas yang sangat banyak, sehingga banyak modul-modul dan pustaka tambahan yang mendukung perangkat ini baik berupa hardware maupun software seperti kode program, kode-kode program pustaka (library) dan modul-modul tambahan salah satu contohnya adalah adalah modul relay.

Karena di dalamnya terdapat mikrokontroller maka saya akan menjelaskan, “apakah mikrokontroller itu”? Mikrokontroller adalah sebuah IC (Integrated Circuit) Mikroprosessor atau chip mikroprosessor lengkap dengan fiturnya. Apa saja fiturnya? Fiturnya adalah I/O, memori dan lainnya. Adapun tujuan dari mengisikan kode program ke dalam mikrokontroller tersebut adalah agar mikrokontroller tersebut dapat beroperasi sesuai dengan program (keinginan) programmer yang membuat kodenya.

Spesifikasi arduino

Secara umum spesifikasi arduino adalah :

  • Tegangan Input berupa tegangan DC. Tegangan kerja yang disarankan untuk input ini berkisar antara 7V-12V DC melalui konektor jack DC atau pin Vin. Atau bisa juga menggunakan kabel USB (5V DC). Perlu diketahui jika menggunakan tegangan input DC menggunakan jack kurang dari 7 VDC maka kerja I/O nya tidak stabil. Sedangkan bila menggunakan tegangan input lebih dari 12V DC, IC regulatornya akan cepat panas dan dapat merusak rangkaian. Yang harus menjadi perhatian, pemberian tegangan langsung tanpa menggunakan regulator pada pin 5V dan 3,3V DC dapat merusak papan arduino  
  • Memiliki pin-pin untuk Input / Output. Pin input/output tersebut bisa untuk input ADC/analog digital converter,  Serial komunikasi (TX RX) dengan komputer, PWM, INT (Interupt), komunikasi serial sinkron antara master dan slave (SDA, SCL, MISO, MOSI, SCK, CS)
  • Mempunyai memory berupa Flash Memory, SRAM dan EEPROM yang ukurannya tergantung dari arduino yang kita gunakan

Arduino terdiri dari berbagai macam produk yang mana akan kita bahas pada artikel selanjutnya dengan judul macam-macam arduino dan spesifikasinya. Semoga anda dapat mengenal arduino dengan baik.

Leave a Reply