Bagaimanakah cara kerja mosfet? Bagi pengguna dan penggemar elektronika daya tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara kerjanya. Untuk mengetahui cara kerjanya, sebelumnya kita akan membahas tentang komponen ini terlebih dahulu.

MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) adalah sebuah komponen transistor yang terbuat dari bahan semikonduktor (silikon) yang memiliki tingkat konsentrasi ketidakmurnian tertentu. Tingkat ketidakmurnian mosfet inilah yang akan menentukan jenis dari transistor mosfet tersebut, apakah masuk ke dalam transistor MOSFET tipe-N (NMOS) atau masuk ke transistor MOSFET tipe-P (PMOS). Anda bisa melihat simbolnya pada gambar 1 di bawah ini

Gambar 1. Simbol MOSFET tipe – N dan MOSFET tipe – P

 

Bahan silicon yang digunakan sebagai landasan (substrat) dari Drain (Penguras), Source (Sumber), dan Gate (Gerbang). Berikutnya, transistor dibuat agar menjadi sedemikian rupa supaya antara substrat dan Gate-nya dibatasi oleh oksida silikon yang sangat tipis. Oksida silikon ini diendapkan pada atas sisi kiri dari kanal, agar transistor MOSFET memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan transistor BJT (Bipolar Junction Transistor), yang mana kelebihannya menghasilkan disipasi daya yang rendah.

Jika kita lihat dari cara kerjanya. cara kerja transistor MOS dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Transistor MOS pada Mode Pengosongan (Transistor Mode Depletion)

Transistor pada mode depletion ini, di antara kedua terminal yaitu drain dan source terdapat saluran, saluran inilah yang menghubungkan kedua terminal tersebut. Saluran tersebut memiliki fungsi sebagai saluran tempat mengalirnya elektron bebas. Lebar dari saluran tersebut dapat diatur oleh tegangan pada gate (gerbang). Transistor MOSFET pada mode pengosongan ini terdiri dari tipe-N dan tipe-P. Yang mana simbolnya ditunjukkan pada Gambar 2 di bawah ini.

Gambar 2. Simbol Transistor MOSFET pada Mode Depletion
(a). N-Channel Depletion (b). P-Channel Depletion

 

2. Transistor MOS pada Mode peningkatan (Transistor Mode Enhancement)

Transistor pada mode enhancement ini secara fisik tidak mempunyai saluran di antara drain dan sourcenya. Hal ini karena lapisan bulk-nya meluas dengan lapisan SiO2 pada terminal gate. Transistor MOSFET pada mode peningkatan ini terdiri dari tipe-N dan tipe-P, sehingga simbol dari transistor MOS ditunjukkan dalam Gambar 3 di bawah ini.

Gambar 3. Simbol Transistor MOSFET pada Mode Enhancement
(a). N-Channel Enhancement (b). P-Channel Enhancement

 

Demikianlah cara kerja komponen elektronika daya ini. Cara kerja MOSFET terbagi dalam 2 mode seperti yang telah disebutkan di atas yaitu mode pengosongan (depletion) dan mode peningkatan (enhancement). Kedua mode inilah yang menjelaskan bagaimana MOSFET bekerja. Cara kerja komponen ini berbeda dengan cara kerja transistor sebagai saklar jika switch terbuka mempresentasikan transistor dalam keadaan. Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami cara kerja salah satu jenis komponen transistor yang satu ini.

Leave a Reply