Macam macam arduino dan perkembangannya

Macam macam arduino. Saat ini perkembangan arduino sudah semakin pesat. Banyak dari produk-produk arduino bermunculan di pasaran. Mulai dari arduino yang memiliki fitur minimum hingga arduino yang mempunyai fitur yang lengkap. Hal ini tentu saja menjadi kabar yang menggembirakan bagi kita yang hobi membuat sistem pengontrolan menggunakan mikrokontroler.

 

Jenis-jenis arduino

Di pasaran saat ini tersedia berbagai jenis-jenis arduino. Mungkin dari  macam-macam arduino ini, salah satunya ada yang cocok untuk anda gunakan dalam pembuatan project. Berikut di bawah ini, anda bisa membaca jenis arduinonya:

Arduino Uno

Arduino uno adalah sebuah papan mikrokontroler yang berbasis ATMega328. Perangkat ini memiliki 14 pin digital I/O (input/output) di mana 6 dari 14 pin ini untuk output PWM. Kemudian memiliki 6 pin input Analog/ADC (Analog digital converter), kecepatan clocknya 16 MHz, koneksi USB, jack listrik DC, tombol reset dan juga header ICSP. Arduino ini sangat cocok bagi anda yang pertama kali mencoba belajar arduino. Karena di samping harganya yang murah, sifatnya juga reliable dan pinnya yang banyak. Untuk lengkapnya anda bisa mengunjungi artikel saya tentang arduino uno dan spesifikasinya.

Arduino Leonardo

Arduino leonardo merupakan sebuah papan rangkaian atau board mikrokontroler yang berbasis ATMega 32u4. Perangkat ini mempunyai 20 pin I/O yang mana 7 pin dapat berguna untuk output PWM. Terdapat juga 12 pin analog (ADC/Analog Digital Converter), kecepatan clock speednya 16 MHz crystal oscilator, konektor mikro USB, jack listrik DC, ICSP header dan terdapat juga sebuah tombol reset. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel tentang arduino leonardo dan spesifikasinya di situs ini.

Arduino Mega 2560

Arduino Mega 2560 adalah sebuah papan mikrokontroler yang berbasis ATMega 2560. Perangkat ini memiliki 54 pin digital input / output. 14 pin dari 54 pin tersebut dapat anda gunakan sebagai output PWM. Selain itu terdapat juga 16 input analog ADC (Analog to Digital Converter). 4 UART’s (hardware serial port), 16 MHz crystal oscilator, konektor USB type B, jack power listrik, ICSP header, dan juga sebuah tombol reset. Anda bisa mengunjungi link ke website ini jika ingin mengetahui detil dari Arduino Mega 2560 dan spesifikasinya

Arduino Due

Arduino Due merupakan sebuah papan / board rangkaian mikrokontroler yang terpasang / berbasis Atmel SAM3X8E ARM Cortex M3 CPU. Perangkat ini adalah arduino pertama yang menggunakan mikrokontroler ARM 32-bit. Perangkat ini memiliki 54 pin digital sebagai input / output (yang mana 12 pin dari 54 pin tersebut dapat bekerja sebagai output PWM). Selain itu perangkat ini juga memiliki 12 imput analog ADC (Analog to Digital Converter), 4 UART’s (hardware serial ports). Clock speed dari arduino due ini adalah 84 MHz  dengan konektor OTG USB, 2 DAC (Digital to Analog Converter), 2 TWI, jack DC untuk power listrik, JTAG header, SPI header, tombol erase dan juga tombol reset.

Arduino Ethernet

Arduino Ethernet adalah sebuah papan rangkaian arduino yang berbasis  atau terpasang mikrokontroler ATMega 328. Pada arduino ini terdapat 14 pin yang dapat anda gunakan sebagai Input / Output digital. Selain itu ia memiliki 6 input ADC (analog to digital converter), kecepatan clock speednya sebesar 16 MHz , terdapat konektor RG 45, jack power listrik DC, sebuah tombol reset dan juga ICSP header.

Perangkat ini memiliki perbedaan dengan board arduino lainnya hal ini karena ia tidak mempunyai chip driver onboard USB ke serial, akan tetapi ia memiliki Wiznet ethernet interface (mirip dengan yang dijumpai pada Ethernet Shield). Di dalamnya juga terdapat mikroSD reader yang berfungsi sebagai pembaca kartu mikroSD. Kegunaan dari kartu mikroSD ini adalah untuk menyimpan file-file untuk data akses jaringan. Ia juga dapat anda akses melalui library SD. Pin 10 inilah yang dapat kita gunakan untuk Wiznet Interface

Arduino Mega ADK

Arduino Mega ADK adalah sebuah board / papan rangkaian mikrokontroler berbasis ATMega 2560. Pada perangkat ini terdapat USB host interface untuk koneksi ke handphone dengan os android berbasis MAX 3421eIC. Arduino ini memiliki 54 pin sebagai digital input / output (I/O) yang mana 14 pinnya dapat anda gunakan sebagai output PWM. Selain itu terdapat juga 16 pin analog input (ADC/Analog to Digital Converter), 4 buah pin UART’s (hardware serial port),  16 MHz crystal oscilator, konektor USB tipe B, jack power listrik DC, sebuah tombol reset dan ICSP header. Anda bisa mengetahui detil dari Arduino Mega ADK ini pada artikel saya dengan judul Arduino Mega ADK

Arduino Micro

Arduino mikro ialah sebuah papan / board rangkaian mikrokontroler yang berbasis ATMega32u4. Rangkaian arduino micro ini mempunyai 20 pin digital sebagai input/output yang mana 7 pinnya (dari 20 pin) dapat anda gunakan sebagai output PWM. Selain itu terdapat juga 12 input analog ke digital (ADC). Perangkat ini terpasang 16 MHz  crystal oscilator, konektor micro USB, sebuah tombol reset dan juga ICSP header. Arduino micro ini mirip dengan arduino leonardo yang sama-sama berbasis ATMega32u4 yang mendukung komunikasi dengan USB juga dapat anda hubungkan dengan mouse maupun keybord komputer.

Arduino Nano

Arduino nano merupakan board / papan arduino yang berukuran kecil. namun lengkap. Perangkat ini berbasis mikrokontroler ATMega328 untuk arduino Nano versi 3.0 sedangkan arduino nano Versi 2.x berbasis ATMega 168. Arduino ini memiliki kelebihan fungsi yang sama dengan arduino duemilannove, namun ia terdapat dalam paket yang berbeda.

Adapun kekurangannya adalah ia tidak memiliki jack power listrik DC dan hanya memiliki USB tipe B untuk pemberian supply arus listrik. Perangkat ini merupakan desain dan produksi Gravitech

Arduino Fio

Arduino Fio ialah perangkat mikrokontroler yang berbasis ATMega328P. Perangkat ini beroperasi pada tegangan 3,3V DC dan kecepatan clocknya sebesar 8MHz. Arduino ini mempunyai 14 pin digital sebagai input / output (I/O). jadi dari ke 14 pin I/O ini 6 di antaranya dapat anda gunakan sebagai output PWM. Selain itu ia juga mempunyai 8 input analog (ADC / analog to digital converter), sebuah tombol reset, resonator yang terpasang pada papan dan juga pin yang berlubang. Di sana juga terdapat baterai lithium polymer dan juga termasuk rangkaian charger menggunakan USB. Terdapat juga socket XBee pada bagian bawah rangkaian ini.

Jadi Arduino Fio ini bertujuan untuk aplikasi berbasis wireless. Para pengguna arduino ini dapat mengupload kode program/sketch dengan kabel FTDI atau Sparkfun breakout board. Dengan memodifikasi adaptor USB to XBee  seperti XBee Explorer USB, pengguna dapat mengupload kode program secara wireless. Adapun yang mendesain arduino ini adalah Shigeru Kobayashi. Sedangkan yang mempabrikasinya adalah Sparkfun  

Arduino Pro

Arduino Pro adalah sebuah papan mikrokontroler yang terpasang / berbasis ATMega168 atau ATMega328. Perangkat ini terdiri dari beberapa versi di antaranya adalah versi 3,3V/8 dan 5V/16MHz. Alat ini juga mempunyai rangkaian versi 3,3V/8MHz dan versi 5/16MHz. Terdapat juga 14 pin dengan 6 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM. Di papan itu juga terdapat 6 input analog, baterai power jack, sebuah tombol reset, saklar, power switch, lubang untuk pemasangan jack power DC, ICSP header. Enam kabel header dapat anda hubungkan pada kabel FTDI atau Sparkfun breakout untuk daya USB dan komunikasi ke papan kendali.

Demikianlah artikel kami tentang macam macam arduino

 

Leave a Reply