MCB 6 Ampere Berapa Watt

Di artikel ini kita akan membahas tentang MCB 6 Ampere Berapa Watt. Seperti yang telah kita tahu bahwa MCB terdiri dari berbagai ukuran atau kapasitas yang tergantung dengan pemakaian beban listrik.

Namun tahukah anda berapakah daya beban listrik yang bisa dilayani oleh MCB 6 Ampere.

Bagaimanakah cara menentukan nilai watt dari MCB tersebut?

Setelah saya telusuri pada beberapa artikel online yang membahas tentang nilai Ampere pada MCB menjadi watt ini, seringkali saya dapati artikel online tersebut kurang tepat dan kurang lengkap dalam menjawab pertanyaan nilai watt dari ampere MCB.

Untuk menentukan nilai watt MCB anda harus tahu bahwa kapasitas ampere pada MCB menentukan batas besarnya arus yang melewati MCB tersebut, dan ini sesuai dengan fungsi MCB tersebut. Jadi jika arus listrik yang mengalir pada MCB tersebut lebih besar dengan nilai ampere arus pada MCB, maka MCB tersebut akan bekerja merespon keadaan tersebut dengan melakukan trip pada waktu tertentu untuk memutus instalasi / rangkaian yang terpasang pada MCB.

Ada beberapa pertanyaan yang akan kita bahas sesuai dengan MCB 6 ampere untuk berapa watt. Adapun pertanyaannya adalah antara lain:

1. C32N CL6 Berapa Watt

Jika anda melihat kode cl6 pada sebuah MCB, kode tersebut artinya adalah bahwa MCB tersebut mempunyai kemampuan membatasi arus listrik sebesar 6 ampere. Artinya jika arus listrik yang mengalir pada MCB tersebut lebih besar dari 6 ampere, maka MCB tersebut melakukan fungsinya sebagai proteksi dan bekerja memutuskan rangkaian (instalasi) listrik yang terpasang pada MCB tersebut.  

Untuk mengetahui besarnya nilai watt pada MCB dengan kapasitas (nilai pembatas arus) sebesar 6 ampere, akan di bahas pada pembahasan di bawah ini. MCB dengan kode CL maksudnya adalah MCB tersebut memiliki batas waktu trip sebesar 0,04 hingga 5 detik dengan arus trip di atas 4 In sampai dengan 6 In (di mana In = 6 Ampere). Jadi arus trip MCB ini adalah 4x6A sampai dengan 6x6A (24A-36A).

Untuk kode C32N merupakan nomor produksi perusahaan pembuat MCB tersebut. Anda dapat mengetahui kode tersebut dari artikel kami sebelumnya dengan judul arti kode pada MCB.

MCB 6 Ampere ini terdiri dari MCB 6 ampere 1 phase dan MCB 6 ampere 3 phase yang mana nilai wattnya akan dibahas di bawah ini.

2. MCB 6 Ampere 1 Phase Berapa Watt

Berikutnya kita akan menghitung besar MCB 6 Ampere 1 Phase Berapa Watt. Untuk mendapatkan hasil perhitungan nilai watt dari MCB 6A ini, kita harus mengerti bagaimana menggunakan rumus dengan benar beserta dengan parameter nilai-nilai dari rumus tersebut. Adapun rumus untuk mencari nilai watt / daya listrik yang digunakan untuk menghitung watt MCB adalah dengan cara menggunakan rumus daya listrik AC 1 phase. Rumus untuk mencari daya listrik AC 1 phase tersebut adalah:

P = V x I x cos φ

Adapun parameter yang membentuk rumus tersebut adalah:

P = Daya satuan dalam watt

V = Tegangan satuan dalam volt

I = Arus satuan dalam ampere

cos φ = faktor daya tanpa satuan

Jadi untuk mendapatkan hasil perhitungan, berapa wattkah daya listrik dari MCB 6 Ampere AC 1 phase tersebut. Jika kita ingin mendapatkan nilai watt dari MCB 6 ampere tersebut, kita akanmenggunakan sistem listrik pada PLN yang mana nilai dari parameternya adalah

V (tegangan) = 220 V (phase ke nol/Netral)

I (arus) = 6 Ampere

cos φ = 0,85 (nilai cos phi minimal sesuai ketentuan PLN pada PUIL)

Sehingga jika dimasukkan ke dalam rumus daya akan menjadi

P = V x I x cos φ = 220 V x 6 A x 0,85 = 1122 Watt

Sehingga hasil dari jawaban daya listrik dari MCB 6A adalah 1122 watt

Kita akan coba membandingkan hasil perhitungan manual dengan hasil perhitungan menggunakan kalkulator Watt MCB. Masukkan nilai kapasitas MCB yaitu 6A dan pilih 1 phase pada kalkulator tersebut sehingga didapatkan daya 4675 watt. Ternyata hasil antara perhitungan manual dan kalkulasi kalkulator bernilai sama, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil dari perhitungan yang dilakukan secara manual sudah benar.

3. MCB C32N CL 6 Berapa Watt 

Seperti yang telah disebutkan di atas, maksud dari kode C32N pada MCB adalah nomor model produksi dari MCB tersebut. Sedangkan kode CL 6 adalah ampere dari MCB yaitu 6 Ampere dengan tipe CL. Dan nilai daya (wattnya) adalah sebesar nilai watt / daya listrik 6 A 1 phase yaitu seperti yang kita hitung di atas 1122 Watt.

4. MCB 6 Ampere 3 Phase Berapa Watt

Berikutnya jawaban dari pertanyaan MCB 6 ampere 3 Phase berapa watt. Untuk mendapatkan besarnya nilai MCB 6 ampere 3 phase berapa watt, maka kita akan menggunakan rumus daya nyata listrik 3 phasa dengan parameter-parameter rumus tersebut. Rumus daya listrik AC 3 phase tersebut adalah:

P = 3 x V x I x cos φ

Jadi parameter-parameter (konstanta) dari rumus tersebut:

P = Daya dalam satuan watt

V = Tegangan phase ke netral dalam satuan volt

I = Arus phase ke netral dalam ampere

cos φ = faktor daya tanpa satuan

Jadi untuk menjawab pertanyaan, berapa wattkah daya listrik dari MCB 6 Ampere AC 3 phase tersebut. Jika kita menggunakan sumber listrik yang berasal dari PLN yang mana nilai dari parameter-parameternya adalah

V = 220 V (phase ke nol/Netral)

I = 6 Ampere

cos φ = 0,85 (nilai cos phi minimal PLN)

Sehingga jika kita masukkan ke dalam rumus daya listrik akan menjadi

P = 3 x V x I x cos φ = 3 x 220 V x 6 A x 0,85 = 3366 Watt

Jadi hasil dari jawaban daya listrik dari MCB 6A adalah 3366 watt

Kemudian lakukan pengujian hasil perhitungan dengan menggunakan kalkulator Watt MCB. Masukkan nilai 6A dan 3 phase pada kalkulator daya tersebut tersebut sehingga didapatkan daya 3366 watt. Ternyata nilai dari perhitungan dengan menggunakan rumus secara manual dan hasil kalkulasi dari kalkulator bernilai sama, sehingga dapat ditarik satu kesimpulan hasil dari perhitungan yang dilakukan secara manual sudah benar.

Nilai perhitungan dengan menggunakan rumus daya tiga phasa ini tidak bisa langsung digunakan untuk motor (motor sangkar atau serempak dan motor rotor lilit) di dalam tabel berikut ini:

Sehingga watt untuk motor tersebut adalah:

Motor sangkar atau serempak dengan pengasutan bintang segitiga, langsung pada jaringan, dengan reaktor atau resistor dan motor fase tunggal adalah (3366)/(250%) = 1966/2,5 = 1346,4 watt
Motor sangkar atau serempak dengan pengasutan autotransformator, atau motor sangkar reaktans tinggi adalah (3366)/(200%) = 3366/2 = 1683 Watt
Motor rotor lilit adalah (3366)/(150%) = 3366/1,5 = 2244 Watt

Demikianlah artikel kalkulator MCB 6 A ini kami buat, semoga anda mengerti serta dapat menggunakan nilai dari hasil perhitungan.

 

 




About the author

Dedy Fermana, yang lebih akrab disapa Dedy, adalah Seorang Content Artikel di Birolistrik. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi seperti kelistrikan, Pendingin (AIr Conditioner), PLC, SEO. Melalui tutorial Birolistrik ini, Dedy ingin berbagi informasi dan membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah yang dialami seputar artikel.

Leave a Reply