Instalatir Listrik

Artikel kami tentang instalatir listrik ini sangat penting untuk anda baca sampai habis. Kenapa? Anda tentu tahu instalasi listrik rumah tangga, kantor atau industri yang digunakan dalam waktu puluhan tahun. Ada yang menggunakannya mulai dari 10, 20 bahkan 50 tahun dan bahkan lebih tanpa adanya pengecekan maupun penggantian komponen listrik yang terdapat pada instalasi tersebut.

Jika anda telah menggunakan instalasi listrik hingga 15 tahun lebih, coba perhatikan dan buka panel listrik. Kemudian anda uji kinerja dari pengaman panel tersebut seperti MCB. Maka anda akan menemukan MCB yang sudah tidak bekerja lagi (tidak bisa dimatikan switchnya atau keras untuk dimatikan). Bisa anda bayangkan ketika terjadi konslet listrik dan MCB tersebut tidak berfungsi melindungi rumah anda dari bahaya konslet, ini bisa berakibat fatal bagi anda, bukan hanya korban harta bahkan nyawapun bisa terjadi.

Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Untuk mengatasi hal tersebut rencanakan instalasi anda mulai dari awal dengan instalatir listrik resmi yang memiliki sertifikat kompetensi. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan instalatir listrik. Sebelum memasang instalasi listrik, baik instalasi listrik rumah, kantor maupun industri tentu saja anda membutuhkan jasa seorang instalatir. Jasa seorang instalatir yang profesional untuk memasang instalasi tidak bisa anda sepelekan begitu saja. Hal tersebut karena instalasi listrik yang terpasang akan anda gunakan dengan waktu yang sangat lama. Jadi rencanakan dan pasang menggunakan tenaga profesional.

Baiklah sebelum mulai pokok pembahasan, kita mulai dengan pengertian instalatir listrik.

Instalatir Listrik Adalah

Instalatir listrik adalah suatu usaha baik perorangan ataupun perusahaan yang bergerak dalam jasa yang berhubungan dengan bidang instalasi listrik. Adapun jasa yang dikerjakan oleh instalatir meliputi perancangan, pemasangan, pemeliharaan maupun perbaikan instalasi listrik.

Saat ini banyak orang yang bekerja pada bidang instalasi, namun dari sekian banyak orang yang bekerja pada bidang instalasi, hanya sedikit orang yang benar-benar tahu atau kompeten (ahli) di bidang tersebut.

Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut adalah instalatir profesional, dapat ditandai dengan sertifikat keahlian pada bidangnya atau sertifikat pendidikan di bidang listrik.

Jika seorang instalatir memiliki sertifikat kompetensi seperti yang disebutkan di atas. Itu artinya dia seorang yang kompeten di bidang instalasi. Pada bidang instalasi tersebut terdapat kompetensi dalam perencanaan, pemasangan Instalasi.

Kompetensi yang dikuasai oleh seorang instalatir:

1. Perencanaan Instalasi Listrik yang sesuai SNI / PUIL

Semua perencanaan instalasi listrik baik ukuran, bahan (material) yang digunakan pada instalasi harus berdasarkan aturan SNI / PUIL. Contohnya seperti ukuran arus MCB yang digunakan.

2. Pemasangan Instalasi Listrik yang sesuai SNI / PUIL

Setiap pemasangan peralatan listrik seperti kabel dan komponen harus sesuai dengan tata cara pada SNI atau PUIL. Contohnya adalah letak MCB atau ketinggian saklar dari lantai.

 

Namun ada instalatir yang hanya bisa menguasai satu bidang saja seperti hanya bidang perencanaan saja atau bidang pemasangan instalasi listrik saja.

Instalatir terdiri dari:

1. Instalatir Berizin (legal)

Instalatir berizin ini maksudnya adalah instalatir yang terdaftar pada Sistem Registrasi SLO Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

2. Instalatir tidak berizin (tidak legal)

Instalatir tidak berizin artinya adalah instalatir yang tidak terdaftar di Kementerian ESDM.

 

Selain bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat, terdapat sisi lain adanya potensi bahaya jika pemanfaatan dan penggunaan instalasi listrik secara tidak benar, resikonya adalah kebakaran dan tersengat aliran listrik.

Dalam perencanaan dan pemasangan instalasi listrik harus sesuai dengan SNI karena resiko atau bahaya yang ditimbulkan akibat listrik yang tidak terpasang secara standar bisa diancam hukuman pidana sesuai dengan aturan. Adapun sanksi PIDANA pada pelanggaran (UU No. 30/2009) yaitu:
Pasal 50 dengan bunyi : 1) Setiap orang yang tidak memenuhi keselamatan ketenagalistrikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (1) yang rnengakibatkan matinya seseorang karena tenaga listrik dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)
Pasal 53 yang berbunyi : Setiap orang yang melakukan kegiatan usaha jasa penunjang tenaga listrik tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).

Jadi instalasi listrik harus terpasang dengan benar secara standar karena jika terjadi resiko yang menimbulkan adanya korban sebagai akibat tidak standarnya perancangan maupun pemasangan instalasi listrik bisa diancam dengan hukum pidana.

Tips memilih instalatir listrik:

1. Gunakan jasa instalatir listrik yang terdaftar di Kementerian ESDM (resmi) serta terdekat di kota anda. Tujuannya agar instalatir legal dan mudah dihubungi.

2. Jika anda menggunakan jasa instalatir tidak resmi pastikan hanya anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan pada instalasi listrik. Namun alangkah baiknya jika ia memiliki sertifikat kompetensi di bidang instalasi listrik.


Untuk Penerbitan SLO (sertifikat laik operasi) djk instalatir pada pemasangan listrik baru, anda harus menggunakan instalatir yang resmi terdaftar pada kementerian ESDM karena sertifikat hanya bisa dikeluarkan melalui perusahaan instalatir yang terdaftar di Kementerian ESDM tersebut. Adapun pedoman SLO dapat anda lihat pada artikel kami sebelumnya.

Demikianlah artikel tentang instalatir ini, semoga anda dapat terbantu dengan informasi yang kami berikan.

 

 

About the author

Dedy Fermana, yang lebih akrab disapa Dedy, adalah Seorang Content Artikel di Birolistrik. Ia suka mengikuti tren seputar teknologi seperti kelistrikan, Pendingin (AIr Conditioner), PLC, SEO. Melalui tutorial Birolistrik ini, Dedy ingin berbagi informasi dan membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah yang dialami seputar artikel.

Leave a Reply